Sekali lagi, pengalaman merupakan guru yang baik yang dapat mengajarkan kita untuk mendapatkan solusi dari setiap kejadian yang di temukan.

Bermula dari seseorang yang membawa laptopnya yang katanya sih habis colokin flash disk yang dia pakai main internet di sebuah warnet.  Desktop jadi blank, tidak bisa digunain sama sekali! Beberapa saat kemudian laptop udah gak bisa booting… hmmmm…

Yang punya laptop sih maunya di Instal Ulang aja. Yaudah, dengan senang hati aku bantuin :)  TETAPI sewaktu mau di instal ada Pesan Error seperti ini :

A problem has benn detected and windows has been shutdown to prevent damage to your cumputer
If this is the first time yuo’ve seen this stop error screen restart your computer. If this screen appears again, follow these steps :

Check for viruses on your computer, remove any newly installed hard drives controlers, check your harddrives to make sure it is properly configured and terminated.
Run CHKDSK /F to check for harddrive corruption, and then restart your computer.

Technical information :
Stop : 0x0000007b (0xf78d2524, 0xc0000034, 0×00000000 0×00000000)


ku coba tuk telusuri dan tanya2 sama temen, ada yang bilang CD-ROM dari laptopnya yang gak bagus. Okey, karna kebetulan DVD External lagi rusak ku coba tuk Instal lewat Flash Disk tapi tetap aja gak bisa, malah hard disknya gak terdeteksi padahal udah pake 2 cara loh :(  … jadi tambah penasaran setengah putus asa :D , tanya-tanya Paman Google lumayan lama :D akhirnya dapat 1 cara yang bener-bener kasih solusi, yaitu :

“Pastikan pilihan SATA pada BIOS adalah IDE bukan AHCI. Setup windows XP pada saat akan loading drivers berjalan pada mode IDE”.


langsung praktekkin, ternyata tidak ada pilihan IDE pada laptop Toshiba Satellite L510 namun Compatible!

  • Pilih Compatible
  • tekan F10, lalu save!

Alhasil, laptop mau booting sampai tampilan dekstop muncul :) (walau lambat banget)

perjuangan tidak sampai disini, tampilan dekstop nge-blank nih karna virus pastinya laptop masih belum bisa di operasikan.

Sesuai permintaan pemiliknya untuk instal ulang, Yupss… langkah terakhir ialah InUl alias Instal Ulang, hehehehehe..

Proses Instal Ulang berjalan dengan normal dengan cara seperti biasa! Laptop dapat digunakan kembali :)

 

Semoga tulisan ini dapat membantu, walau mungkin kasus ini sudah gak tabu lagi. Yah, kembali lagi semua karna PENGALAMAN dan WAKTU!

Jangan lupa kritik dan saran dengan meninggalkan komentar :) . GBU

 

About these ads